Bisnis Sablon Kaos

bisnis sablon kaos

Semua orang suka kaos, cewek ataupun cowok memakain pakaian jenis ini setiap harinya diseluruh dunia. Ada banyak bahan yang digunakan untuk membuatnya, namun yang favorit adalah jenis katun, karena bahan ini mudah menyerap keringat, ringan dan nyaman dipakai.

Ini menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan, meskipun banyak pesaing diluar sana usaha di bidang ini masih sangat gurih dan menghasilkan profit yang cukup besar dengan perbandingan modal yang dikeluarkan cukup kecil pada awalnya, serta bisa ditambah sesuai dengan kapasitas produksi.

Beberapa pengusaha dibidang ini memulainya dengan cara berbeda, namun pada akhirnya mereka memutuskan untuk membuat workshop sendiri.

Cara yang pertama, mencari order dan melakukan proses produksi di tempat orang lain. Atau yang bisa disebut maklun. Ini sangat baik untuk mendapatkan pengalaman, banyak anak sekolah khususnya yang masih status pelajar SMA mulai menekuni ini, dengan kesempatan yang mereka dapat pada saat pembuatan kaos kelas.

Mereka datang ke tempat sablon, konveksi dan bahan. Dengan urutan proses produksi yakni, setelah design selesai dan disetujui (final artwork) mereka mulai belanja bahan sesuai yang dibutuhkan, lalu membawanya ke konveksi (tukang jahit) untuk memotong bahan tersebut, setelah itu mengirimkannya ke tukang sablon untuk mencetak gambar yang diinginkan dan mengembalikan ke tempat jahit untuk proses penjahitan sehingga menghasilkan kaos secara utuh.

Ini menjadi pengalaman yang berharga, dan mereka mulai menikmati keuntungan yang didapatkan dari proses tersebut. Sehingga mereka mulai mencari lagi pesanan dan menjalankan bisnis ini sebagai sampingan dan mulai membuka konveksi dan tempat sablon sendiri setelah dirasa mapan.

Ini merupakan bisnis tanpa modal yang bisa dijalankan oleh pelajar ataupun mahasiswa, karena mereka bisa mengambil uang terlebih dahulu kepada komunitas mereka lalu membelanjakannya dan membayar ongkos-ongkos yang diperlukan setelah itu mengambil profit pada saat proses pelunasan kaos dari mereka.

Cara kedua
yakni langsung membuka tempat sablon dengan menyediakan peralatan dan sumber daya manusia yang handal. Biasanya yang melakukan hal ini adalah orang yang pernah berada di dunia persablonan dan memiliki pengalaman yang cukup.

Berdasarkan kategorinya, sablon saat terbagi menjadi dua karena adanya kemajuan teknologi pencetakan yang semakin canggih.
  1. Sablon Digital
  2. Sablon Manual

DIGITAL

Kemajuan teknologi yang sangat cepat, berpengaruh terhadap industri cetak, khususnya cetak saring. Ada yang berkembang ada juga yang mati, misalnya saja para pengusaha kecil yang bergelut di bidang sablon spanduk, mereka dilibas oleh mesin digital printing (large format printer) yang bisa membuat banner lebih cepat dengan warna sesuai keinginan. Tapi hal ini tidak berpengaruh besar pada skala besar, kita masih bisa melihat spanduk provider telekomunikasi yang terbuat dari kain dan proses pembuatannya masih menggunakan teknik cetak screen printing manual.

Sablon kaos digital terbagi menjadi dua jenis sesuai dengan tinta dan peralatan yang digunakan yakni :
  1. Sublimasi / Transfer Paper
  2. Direct To Garment ( DTG )

Sublime

Ini merupakan jenis tinta yang spesial, yang khusus dibuat untuk mencetak secara tidak langsung pada kain melalui media kertas. Proses kerjanya bisa menggunakan printer rumahan ukuran A4 ataupun A3 dengan media kertas plain paper HVS dengan teknik cetak mirror atau pencetakan dibalik. Harga tinta sublime sedikit lebih tinggi daripada tinta dye, atau pigment pada printer inkjet. Setelah desain gambar yang akan dicetak dibuat, diprint secara terbalik pada kertas lalu ditempelkan pada kaos yang diinginkan dan dipress dengan mesin press khusus yang memiliki pressure level tinggi dan temperatur panas yang cukup.

Pencetakan jenis ini juga bisa dilakukan menggunakan mesin offset, tentu saja masih menggunakan tinta sublime dan image yang sudah dimirror. Dengan mesin offset pencetakan menjadi sangat cepat, ratusan ribu copy bisa dibuat hanya dalam satu hari. Biasanya digunakan untuk produksi kaos caleg dan kaos partai. Mereka menggunakan media kertas yang sama, yakni kertas HVS. Namun bisa lebih irit karena bisa menggunakan kertas yang lebih tipis HVS 60 gsm ataupun kertas buram / koran.

Peralatan yang dibutuhkan yakni :
  • Komputer untuk membuat desain.
  • Printer inkjet yang sudah dikuras cartridge ataupun infusnya.
  • Tinta sublime.
  • Kertas HVS.
  • Alat press kaos sesuai ukuran yang dibutuhkan.

Penggunaan tinta jenis ini sayangnya tidak dapat diaplikasikan secara langsung ke kaos katun. Mereka hanya bisa digunakan pada bahan kain lain seperti spandex, hijet, carded, teteron dan beberapa jenis kain yang kurang populer untuk bahan pakaian. Namun dengan adanya transfer paper hal ini menjadi mungkin. Tapi harga satuan transfer paper yang cukup tinggi dengan kualitas hasil cetak yang tidak begitu oke, menajadikan teknik jarang yang meliriknya.

Ada juga yang menggunakan warna dasar terlebih dahulu, yakni menggunakan rubber base ink pada kain katun lalu mentransfer hasil sublim dengan mesin press pada bagian tersebut.

DTG

Ini menjadi solusi untuk masalah yang dihadapi pada saat menggunakan sublim. DTG sendiri menggunakan tinta jenis textile ink sejenis tinta pigment yang dapat dicetak pada kain jenis apapun. Sistemnya juga lebih ringkas, dengan pencetakan langsung pada kaos yang diinginkan tanpa melalui media lain yang tentu saja hasilnya lebih cerah, warna lebih keluar dan lebih presisi.

mesin cetak kaos digital DTG
Direct To Garment biasanya menggunakan printer khusus, yakni jenis flatbed printer yang memungkinkan kaos untuk maju mundur sesuai posisi printhead pada saat pencetakan. Namun sekarang banyak juga yang menggunakan printer modifikasi, khususnya merk EPSON karena harganya yang lebih terjangkau.

Produsen pertama DTG adalah T-Jet, merekalah yang mengembangkan pencetakan langsung dikain dengan skala rumahan.

Prosesnya sendiri sangat mudah seperti mencetak pada kertas menggunakan printer dan komputer rumah. Untuk kain berwarna gelap dibutuhkan tinta tambahan yakni tinta putih sebagai base (dasar pencetakan).

Menurut para pelaku bisnis ini, tinta terbaik adalah DuPont. Dan untuk mesin DTG banyak yang menggunakan TDAG, SummitDTG, Viper dan Anajet. Dengan tinta warna CMYK+W.

Peralatan yang dibutuhkan hampir sama dengan sublim hanya perbedaan pada jenis tinta yang dipakai. Modal yang dikeluarkan untuk memulainya cukup besar, apalagi menggunakan mesin import dengan ukuran besar.

Sablon Manual

Ini adalah teknik jadul yang modern, metode yang dipakai sejak lama namun masih tidak dapat tergantikan oleh teknologi terbaru. Manual disini bukan berarti full manual, karena ada juga mesin yang digunakan khususnya untuk skala besar seperti pabrik garment atau textile. Mereka juga menggunakan cara ini, yakni menyapukan rakel pada screen yang sudah diberi motif yang diinginkan.

Untuk skala usaha kecil / rumahan atau konveksi sekaligus sablon kaos, peralatan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
  • Meja Sablon.
  • Screen.
  • Rakel / Squeegee.
  • Tinta sesuai dengan hasil pencetakan yang diinginkan.
  • Beberapa bahan kimia tambahan baik itu water base ataupun solvent base.

Modal yang dikeluarkan tergantung kapasitas yang diinginkan, bisa saja memulai dengan modal awal kurang dari Rp. 500.000,- bisa juga dimulai dengan modal diatas Rp. 50.000.000,-

Meja Sablon sangat penting, karena disinilah tempat produksi dilakukan. Biasanya meja ini berukuran sangat besar dengan panjang mencapai puluhan meter untuk kapasitas yang besar. Ada juga meja banting, yakni cukup dengan ukuran beberapa meter ditambah dengan triplek sebagai alas kaosnya dan juga rak untuk menyimpan hasil kaos yang sudah dicetak. Biasanya meja ini terbuat dari kayu ataupun besi yang pembuatannya dilakukan sendiri (custom size).

meja sablon manual rotary

Untuk memudahkan cetak banyak warna, ada juga jenis meja rotary yang bisa berputar dan memegang screen sesuai dengan kapasitasnya yakni 4,6,8 dan 12 screen sekaligus yang bisa diputar dan membuat hasil cetak yang presisi. Meja ini tersedia dan ready stok dibeberapa toko peralatan.

Screen untuk kain, bisanya menggunakan tipe 62, 77 dan 90. Ada dua jenis frame / bingkai yang biasa dipakai yakni alumunium dan kayu. Harga screen tergantung dari tingkat kerapatan, frame, ukuran dan juga dimana kamu membelinya. Screen ada yang ready stock dengan ukuran tertentu, tapi kamu juga bisa memesan sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Rakel / Squeegee merupakan alat penyapu, menggerus atau menggosok tinta yang ada pada screen pada media cetak. Terbuat dari karet dengan frame yang tersedia yakni kayu dan alumunium. Ada beberapa jenis rakel beradasarkan tipe ujungnya yakni :
  • Straight Edge
  • Single Bevel
  • Double Bevel
  • Blunt
  • Round
Mereka mempengaruhi hasil sablon dengan intensitas ketebalan tinta yang akan diberikan pada kain.

Tinta tentu saja harus disediakan, ada banyak tinta yang tersedia sesuai dengan kebutuhan diantaranya :
  • Pigmen
  • Rubber / Karet / GL
  • Soft White / SW
  • Foam
  • Metallic
  • Plastisol
  • Discharge
  • Glitters
  • Binder
  • Crack Binder
  • Foil Transfer
  • Flocking
  • Glow in The Dark
  • Flourescent

Beberapa bahan kimia yang diperlukan dalam proses produksi seperti pengencer, obat afdruk dan bahan lainnya.

Pada dasarnya bisnis sablon kaos sangat menjanjikan dengan modal awal yang sedikit kita bisa memulainya.

No comments:

Post a Comment